jump to navigation

Manusia Tanpa Rasa Takut Desember 17, 2010

Posted by Pandega in Artikel, Dunia, Health, News.
Tags: , , , , , ,
trackback

Rasa takut adalah hal yang melekat pada manusia yang sifatnya lebih kejiwaan. Tapi ada manusia yang hidup tanpa rasa takut bukan karena ia pintar mengatasi rasa takut tapi karena anatomi tubuhnya seperti itu. Siapa dia?

Seorang ibu di Amerika Serikat mengidap penyakit langka yang membuatnya tidak punya rasa takut terhadap ancaman apapun. Kondisi ini menarik perhatian peneliti untuk mengembangkan terapi bagi penderita stres pasca-trauma.

Perempuan berinisial SM ini diyakini mengidap penyakit yang membuatnya kehilangan bagian otak yang dinamakan amygdala. Bagian yang konon memiliki struktur mirip buah almond tersebut merupakan pusat pengaturan rasa takut.

Penyakit tersebut membuat perempuan berusia 44 tahun yang telah memiliki 3 orang anak ini tidak memiliki rasa takut sama sekali. Ular, kalajengking dan bahkan ancaman pembunuhan tidak membuatnya bergidik ketakutan.

Anak-anak SM mengakui, ibunya memang aneh karena biasa menangkapi ular di pekarangan. Kabarnya SM tidak menggubris ancaman pembunuhan ketika suatu saat ia berhadapan dengan perampok, hingga akhirnya si perampok yang justru kehilangan nyali.

“Waktu itu umurku 30 tahun, ada pria mabuk menodongkan pisau kepadaku. Aku bilang kalau kamu mau membunuhku, lewati dulu malaikat-malaikat Tuhan yang menjagaku. Lalu pria itu malah ketakutan,” ujar SM yang dalam kesehariannya memang sangat religius dan taat beribadah.

Dr Justin Feinstein, peneliti dari University of Iowa mengatakan kondisi SM telah diamati dalam 20 tahun terakhir. Hasil pengamatan menunjukkan perempuan ini bahkan tidak bisa mengenali ekspresi takut pada wajah orang lain.

Dalam laporan penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Current Biology edisi 16 Desember 2010, Dr Feinstein mengatakan kondisi SM bisa mengilhami terapi untuk penderita gangguan stres pasca-trauma atau Post Traumatic Stress Disorder (PTSD).

 

Sumber

Iklan

Komentar»

1. anang nurcahyo - Desember 17, 2010

artikel menarik.. pelajaran bagus..

Pandega - Desember 17, 2010

Thanks dah mampir bro.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: