jump to navigation

Kenapa Kita Tidak Boleh Hujan-hujanan? Desember 17, 2010

Posted by Pandega in Artikel, Health, News.
Tags: , , , ,
trackback

Ketika hujan turun orang akan lari terbirit-birit menyelamatkan diri dari kebasahan. Apalagi sejak kecil orangtua selalu mengingatkan jangan hujan-hujanan agar tidak sakit. Apa yang menyebabkan hujan-hujanan bisa bikin sakit?

Penyebab orang menjadi sakit setelah terkena air hujan adalah akibat terpapar suhu dingin yang tidak biasa serta menurunnya sistem kekebalan tubuh dan penyempitan pembuluh darah.

“Paparan udara dingin di bagian luar tubuh bisa mengakibatkan penyempitan pembuluh darah pada lapisan hidung dan tenggorokan. Kondisi ini dapat merusak fungsi kekebalan tubuh,” ujar Dr Jason Chia, konsultan dokter olahraga dari Changi Sports Medicine Centre dan Singapore Sports Medicine Centre, seperti dikutip dari Menshealth.com, Jumat (17/12/2010).

Umumnya tubuh yang terkena air hujan akan membuat suhu lebih dingin terutama di bagian kepala. Perubahan suhu tubuh yang terjadi saat seseorang terkena air hujan itulah yang akan membuatnya menjadi sakit.

Pada saat terkena hujan tubuhakan  berusaha mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi suhu dingin akibat air hujan.

Air hujan yang turun juga mengandung gas-gas atau senyawa yang ada di udara sehingga membuatnya memiliki sifat asam. Hujan yang turun rintik-rintik atau gerimis akan membuat konsentrasi asamnya semakin besar. Kondisi ini yang terkadang membuat seseorang menjadi sakit jika terkena gerimis.

Karena itu usahakan untuk segera membilas rambut setelah terkena air hujan yang berguna menghilangkan senyawa-senyawa yang terbawa dalam air hujan.

Akibat yang dirasakan jika seseorang terkena air hujan adalah:

  1. Sakit kepala atau pusing karena banyaknya air hujan yang mengenai kepala dan membuat suhunya lebih dingin dari tubuh
  2. Flu baik yang disebabkan oleh virus ataupun akibat paparan udara dingin
  3. Kekebalan tubuh yang menurun akan membuat seseorang rentan terkena penyakit infeksi menular
  4. Saat tubuh basah, pakaian menjadi lembab yang menyebabkan jamur kulit seperti di selangkangan, sela jari kaki, dan lipatan payudara bisa tumbuh.

Sumber

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: