jump to navigation

Random Hack of Kindness (RHOK), Tempatnya Para Hacker Untuk Berbuat Kebaikan November 26, 2010

Posted by Pandega in Artikel, Hacker, Hacking, News.
Tags: , , , ,
trackback

Acara ‘hackathon’ (marathon hacking) Random Hack of Kindness (RHOK) akan diselenggarakan di Australia-Indonesia Facility for Disaster Reduction, Menara Thamrin, Jakarta, 4-5 Desember 2010.

Di acara ini para pengembang software Indonesia diundang untuk melakukan kegiatan “hacking”. Eits, tenang aja walaupun berlabel hack, tapi acara ini untuk tujuan baik kok. Eh iya sebenarnya kata hack disini mengacu pada mengembangkan piranti lunak untuk keperluan tertentu, dan yang jelas bukan untuk kejahatan.

Selain itu para pengembang diharapkan bisa menghasilkan piranti lunak yang bisa digunakan dalam upaya tanggap bencana. Tujuannya tak lain untuk mengurangi dampak bencana dan membantu menyelamatkan nyawa.

Acara yang akan digelar selama 48 jam non-stop, ini juga akan digelar serempak di 20 kota di dunia. Di Jakarta sendiri acara ini didukung oleh Pemerintah Australia, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan DailySocial.net. Jadi dijamin acara ini legal kok.

RHOK pertama kali dilakukan di California pada November 2009. Dan ini diprakarsai oleh para raksasa software seperti Google, Microsoft, Yahoo!, ga ketinggalan juga NASA dan Bank Dunia ikut memprakarsai acara ini. Dan aplikasi dari gelaran pertama itu digunakan untuk menangani bencana di Haiti dan Chili. Hackathon kedua, di Washington DC, menghasilkan aplikasi visualisasi risiko tanah longsor untuk membantu perencanaan dan pengembangan panduan kota dan pedesaan.

Wah ga kebayang dong betapa bermanfaatnya acara ini untuk membantu mengurangi dampak bencana dan membantu menyelamatkan nyawa.

Klo ada yang berminat langsung aja ke TKP : http://www.rhok.org/events/rhok-2/

Ini daftar tempat penyelenggaraan :

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: